facebook Instagram Wa
Memperkenalkan Pesona Keindahan Indonesia, lewat hobby Aerial Video dan Photography.
 

Pesona Wisata Raja Ampat


Wisata Raja Ampat di Papua Barat menawarkan sejumlah objek wisata yang sangat diminati oleh para wisatawan mancanegara pada khususnya, yakni diving. Kegiatan diving (penyelaman bawah laut) dan snorkeling di Raja Ampat akan menunjukkan keindahan alam bawah laut Wisata Raja Ampat di Papua yang begitu mempesona, dengan berbagai jenis spesies ikan serta terumbu-terumbu karang yang hidup natural. Diving di Raja Ampat akan menunjukkan kepada Anda berbagai aneka spesies ikan yang bahkan belum pernah Anda ketahui sebelumnya. Ingat, 75% spesies ikan dunia berada di Raja Ampat. Pernahkah Anda melihat ikan pari manta? Lebar tubuh ikan pari ini bahkan mencapai 2 m.
Paling sedikit terdapat 1500 spesies ikan, 537 spesies koral, dan 699 hewan tak bertulang belakang yang dapat Anda temukan di alam bawah laut Raja Ampat. Untuk diving, Anda akan ditemani oleh ahlinya dan menggunakan peralatan menyelam yang lengkap. Jika Anda pernah melakukan diving di pantai-pantai lain, maka Anda akan begitu takjub terhadap keindahan bawah laut Raja Ampat Papua. Terumbu karang yang hidup menjadi tempat sumber makanan ribuan spesies ikan dan satwa laut lainnya. Ekosistem yang sangat natural dan demikian mempesona inilah yang membuat Raja Ampat dijuluki sebagai Amazon Lautan Dunia.
Sebagian orang menyebutkan wisata Raja Ampat di Papua ini adalah surga wisata tersembunyi yang dimiliki oleh Indonesia. Wisata Raja Ampat mungkin dapat dinobatkan sebagai wisata alam bawah laut paling mempesona yang dimiliki oleh Indonesia.

Trip ini semi backpacker, dikarenakan fasilitas Homestay sederhana dan menggunakan Kapal Express umum menuju ke Waisai, tetapi trip ini mencakup icon-icon di Raja Ampat. Selain wisata alam, Wisata Raja Ampat ini juga menyajikan trip kearifan lokal dengan mengujungi Desa-desa di Raja Ampat sekaligus berinteraksi dengan pengunjung sekitarnya.
Apa Saja Objek Wisata Raja Ampat?
Diving dan snorkeling menjadi kegiatan wisata Raja Ampat yang paling populer. Namun, perlu diketahui juga tempat wisata di Papua ini memiliki  hutan yang cukup lebat, gugusan batu kapur yang berwarna dengan aneka spesies tumbuhan serta sarang penyu di tepi pantai.

Wisatawan kebanyakan memilih berselancar di Raja Ampat karena memiliki ombak laut yang cukup menantang. Pulau di Raja Ampat yang paling banyak dikunjungi adalah Pulau Waiwo, Pulau Wayag, Kepulauan Gam, Pulau Karang, dan Pulau Arborek. Bila Anda ingin melihat Cendrawasih, burung satwa yang menjadi khas Papua bisa ditemukan di Kepulauan Gam. Ada 4 jenis burung cendrawasih yang hidup di Kepulauan Gam tersebut, yaitu cendrawasih besar, cendrawasih kecil, cendrawasih merah, dan cendrawasih belah rotan.

Raja Ampat adalah daerah kepulauan oleh karena itu transportasi yang digunakan penduduk lokal di sana dengan menggunakan transportasi perairan seperti perahu kapal motor dan lain-lain. Selain untuk akses transportasi masyarakat sekitar juga menggunakan perahu dan sejenisnya untuk mencari kebutuhan makanan di laut, cara mereka menangkap ikan juga sangat bersahabat dan tidak merusak alam, sehingga keindahan alam tetap terjaga kelestariannya.


Kekayaan alam yang alami dan mempesona ini merupakan daya tarik bagi turis dan wisatawan lokal untuk mendatangi Raja Ampat. Menikmati keindahan alam yang unik dengan pulau yang bertebaran di mana-mana, diving, snorkeling, dan banyak lagi cara untuk menikmati keindahan pulau ini.
Maka dari itu turis dan wisatawan lokal tidak akan bosan datang ke Raja Ampat. Bagaimana anda tertarik untuk berwisata ke sana? Ayo atur jadwal mulai dari sekarang siapkan diri anda untuk berwisata ke Raja Ampat buktikan bahwa diri anda memang pecinta alam sejati.


Rute Menuju Ke Pulau Raja Ampat

Rute yang di tempuh oleh wisatawan untuk menuju ke pulau Raja Ampat dengan menggunakan Transportasi udara dan seterusnya menuju kota Sorong, Papua Barat. Namun untuk jalur penerbangan internasional anda harus transit melalui rute jakarta, Makassar maupun Denpasar. Jika ingin memilih jalur terdekat anda harus transit di kota Ujung Pandang yang memakan waktu kurang lebih 5 jam untuk sampai ke kota Sorong – Papua Barat.
Nah ketika di kota Sorong anda akan melanjutkan perjalanan dengan kendaraan roda dua atau roda empat untuk menuju ke pelabuhan untuk melanjutkan perjalanan ke Ibukota Raja Ampat (Waisai). Perjalanan dilanjutkan kembali dengan menggunakan jalur perairan menggunakan Kapal Ferry atau Speed Boat sebelum perjalanan kami sarankan anda untuk membawa bekal seperti air dan makanan dan keperluan lainnya yang menurut anda penting, karena di Ibukota Raja Ampat harga barang lumayan lebih tinggi daripada di pelabuhan Sorong. Dalam perjalanan menuju ke Ibukota Raja Ampat membutuhkan sekitar 4-5 jam perjalanan jika menggunakan Ferry, namun jika ingin lebih cepat anda bisa menyewa Speed Boat.

Jika anda telah tiba di pelabuhan Waisai anda harus menempuh perjalanan ke untuk menuju ke pusat kota untuk mencari tempat penginapan, jangan lupa sebelum ke sana anda disarankan untuk mendatangi kantor Depbudsar untuk membayar biaya konservasi wajib dikenakan untuk setiap wisatawan yang datang di wilayah Raja Ampat setelah itu baru anda bisa melanjutkan untuk mencari penginapan.


Sejarah Raja Ampat

Asal dari nama Raja Ampat berasal dari empat pulau yang bernama Batana, Misool, Salawati dan Waigeo. Julukan Raja Ampat itu sendiri berasal dari cerita rakyat yang memiliki makna Empat Raja, Indonesia memang kaya akan alam dan memiliki sejarah masing-masing dari setiap daerahnya maka tidak heran jika setiap julukan atau nama tempat yang ada di Negara Indonesia memiliki sejarah tersendiri. 

Menurut sejarah yang kami dapatkan sejarah Raja Ampat memiliki berbagai versi dari legendanya karena kita tahu pada jaman dahulu sebuah sejarah dan cerita tidak banyak yang ditulis dan disampaikan dari mulut ke mulut maka dari itu sejarah Legenda Raja Ampat memiliki banyak versi.

Salah satu versi cerita rakyat yang kami dapatkan tentang legenda Raja Ampat itu sendiri adalah tentang kehidupan suami dan istri yang tinggal di Teluk Kabui Kampung Wawiyai, pekerjaan suami istri tersebut adalah sebagai perambah hutan dan mencari bahan makanan. Mereka saling membantu untuk menjelajahi hutan untuk mencari tempat yang layak sesuai dengan yang mereka harapkan. Dalam perjalanan mereka tersebut mereka menemukan lima butir telur di tempat peristirahatan mereka di tepi sungai Waigeo. Menurut ceritanya telur tersebut adalah telur naga oleh karena itu merekapun membawa pulang kelima telur tersebut dan di simpan di dalam kamar mereka.


Hari demi hari mereka lewati menjaga telur tersebut, dan pada akhirnya di malam hari telur yang mereka simpan di dalam kamar menetas dan mengejutkan pasangan suami istri karena yang muncul dari telur itu berwujud anak-anak manusia yang terdiri dari empat anak laki-laki dan satu anak perempuan.
Anak-anak tersebut pun diberi nama masing-masing yaitu Betani raja dari Salawati, Dohar raja dari Lilinta (Misol), Mohamad raja dari Waigama (Batanta), War raja di Waigeo, dan Pintolee (anak perempuan). Namun hingga saat ini orang (pasangan suami istri) yang memberi nama anak tersebut belum diketahui sampai sekarang.
Saat mereka dewasa keempat anak laki-laki menjadi raja, memerintah di daerah kekuasaannya masing-masing dengan bijaksana. Sementara itu seorang anak perempuan yang bernama Pintolee hamil dan mengeluarkan dua buah telur. Menurut ceritanya telur tersebut di dihanyutkan di atas kulit kerang yang besar yang di sebut Kulit Bia dan terdampar di sebuah pulau yang di beri nama pulau Numfor satu lagi terdampar namun tidak menetas hanya menjadi batu yang di beri nama Kapatnai namun batu tersebut diperlakukan layaknya seorang raja oleh masyarakat setempat bahkan keberadaan batu tersebut sangat dihormati dan dijadikan tempat pemujaan bagi mereka yang percaya.

Wisata Menarik di Raja Ampat

Setelah tiba di tempat wisata Raja Ampat anda jangan bingung untuk memulainya kami ada rekomendasi yang bisa anda lakukan di Pulau Raja Ampat karena di keanekaragaman alam yang menarik banyak yang akan anda temukan di sana.

Keindahan pulau merupakan salah satu daya tarik sendiri pulau raja ampat, namun keindahan bawah laut Raja Ampat  juga sangat populer karena hampir 75% spesies karang yang ada di dunia anda dapat menemukannya di sana.

Pemandangan di pantai Raja Ampat yang memiliki berbagai bentuk seperti bebatuan dan pulau-pulau kecil beserta birunya laut yang memanjakan mata anda di sana. Maka dari itu anda jangan melewatkan berbagai keindahan yang ada di sana, untuk itu anda dapat melakukan berbagai macam kegiatan seperti, menjelajahi setiap pulau yang ada di sekitar raja ampat menggunakan perahu masyarakat lokal yang telah disewakan, keunikan lainnya.

Budaya penduduk setempat juga merupakan wisata menarik yaitu permainan kayak anda juga bisa mencobanya, setelah itu anda juga bisa pergi ke pulau Wayag untuk menikmati pulau karang (kars) di sekitarnya, dan satu lagi merupakan khas papua yaitu burung Cendrawasih merah anda dapat mengunjungi tempat beradanya burung tersebut.

Selain itu anda dapat juga memancing dengan cara tradisional masyarakat Papua, jika anda beruntung anda dapat melihat fenomena alam yang unik yang dikenal oleh masyarakat yaitu Hantu Laut yang terletak di timur pulau Waigeo. Namun sangat jarang yang melihat fenomena ini karena menurut masyarakat sekitar fenomena alam ini hanya terjadi di setiap akhir tahun.

Di Pulau Waigeo tepatnya dibagian barat dan utara, biasanya ada sebuah pertunjukan tradisional masyarakat setempat yaitu pertunjukan suling bambu (suling tabur) yang biasanya di adakan setiap ulang tahun kemeredekaan Indonesia. Namun tidak hanya itu ada banyak lagi yang dapat anda kunjungi seperti Pesona Goa Tomolo disana anda dapat menemukan lukisan pada jaman prasejarah yang mungkin anda bisa mendapatkan penemuan baru di sana. Di sebelah utara Waigeo juga ada memiliki gua bersejarah peninggalan belanda dan juga memiliki Air Terjun yang indah.

Tempat berikutnya yang bisa anda kunjungi yaitu Pulau Ayau yang terletak di Kepulauan karang yang di sekitarnya terdapat pulau-pulau kecil namun pulau Ayau memiliki ukuran yang sangat besar dan keindahan pasir putih dan biru air laut pulau ini terkesan tempat wisata yang sangat mewah. Selain itu ada terdapat pulau yang memiliki pasir yang unik masyarakat setempat menyebutknya dengan “Zandplaat”, di sana merupakan salah satu pilihan terbaik bagi wisatawan.


Waigeo Selatan merupakan tempat yang paling sering dikunjungi bagi pencinta diving, di sekitar pulau selatan juga terdapat beberapa tempat yang menarik seperti Wisata pulau Karang Kabui Bay, Wisata sejarah Gua tengkorak dan Kali Raja.

Anda juga bisa melihat seni tari masyarakat sekitar yang dikenal dengan Tari Salay, tempatnya terletak di Saonek anda juga bisa mengunjungi berbagai desa yang ada di sana untuk melihat kegiatan masyarakat dan juga anda bisa menemukan salah satu kerajinan tangan yaitu anyaman yang berasal dari desa Arborek.

Untuk Makanan Khas Raja Ampat juga tidak kalah pentingnya untuk dicoba olah wisatawan dan turis, wisata kuliner yang dapat anda nikmati di sana tidak jauh dari seafood dan berbagai macam hidangan yang berasal dari laut. Makanan khas raja ampat yang terkenal yaitu sup ikan kuning yang bisa anda dapatkan di daerah Waisai.

Selebihnya silahkan anda bertanya kepada pemandu wisata yang ada di sana, karena masih banyak lagi yang harus anda kunjungi 1 hari saja tidak cukup untuk menikmati keindahan alam di pulau Raja Ampat, jika ingin merasa terpuaskan anda bisa liburan sampai Seminggu bahkan sebulan.

Untuk Souvenir jika anda ingin meninggalkan Raja Ampat sangat direkomendasikan untuk membawa souvenir khas dari Pulau Raja Ampat yaitu berupa kain tradisinal, Patung Suku Asmat, Alat Musik Tradisional, Kerajinan Anyaman masyarakat sekitar, Suling, dan masih banyak lagi. Anda bisa mendapatkan souvenir tersebut di toko-toko yang menyediakan souvenir khusus Raja Ampat.

Tips Berwisata di Raja Ampat

Seperti biasanya kami akan memberikan tips untuk berwisata di Pulau Raja Ampat, agar anda dapat melakukan perjalanan wisata dengan nyaman tanpa mengalami kendala dan hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ini adalah tips berwisata ke pulau raja ampat.

Mengatur Jadwal Liburan ke Raja Ampat, untuk waktu yang terbaik menuju ke raja ampat sebaiknya anda pergi pada bulan Oktober dan November agar perjalanan anda berjalan dengan lancar kondisi laut di sana juga sangat bersahabat pada bulan tersebut. Anda juga dapat membawa Karmera khusus untuk mengabadikan keindahan alam bawah laut untuk dijadikan kenang-kenangan. 

Selain itu dengan kondisi wisata di daerah pantai yang tentunya kita akan sering berada di bawah teriknya sinar matahari nah untuk itu lebih baik anda membawa topi, kacamata, dan pelindung kulit dari sinar matahari. Di daerah pantai dan lingkungan alam yang alaminya kemungkinan membuat anda harus membawa anti nyamuk apalagi di malam hari akan sangat berguna bagi anda demi kenyamanan saat berada di sana.

Wisata ke Raja Ampat adalah tempat untuk anda bersenang-senang, namun anda juga harus taat pada peraturan yang ada di pulau sana, sehingga akan membuat anda terhindar dari masalah yang tidak diinginkan, anda juga harus menjaga kebersihan pulau agar kelestarian akan tetap terjaga sampai generasi berikutnya.


Bila ingin mengunjungi Raja Ampat kami memiliki jasa untuk Tour ke daerah ini, bisa menghubungi teman-teman di KitorangPuTrip Raja Ampat, selain murah disini teman-teman kru di lapangan akan memberikan pelayanan yang terbaik buat teman-teman yang ingin berkunjung ke Daerah Raja Ampat.

0 komentar:

Posting Komentar